7 Manfaat Konsumsi Anggur untuk Ibu Hamil Wajib Kamu Tahu

Masa kehamilan bagi wanita membawa tantangan lebih besar dalam hal menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk bayi dalam kandungan. Memilih asupan seperti anggur untuk ibu hamil atau jenis buah-buahan lainnya bisa jadi pertimbangan selain mengatur rutinitas harian.

Ada berbagai macam makanan dan minuman yang memang tidak disarankan untuk ibu hamil konsumsi. Banyak yang mengatakan ibu hamil dilarang mengonsumsi buah anggur. Apakah larangan tersebut benar? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Apakah Anggur untuk Ibu Hamil Aman?

Di Indonesia mitos-mitos seputar kehamilan memang tidak sedikit beredar di tengah masyarakat. Salah satunya buah anggur yang dianggap bisa memicu rasa panas pada perut. Nyatanya hal tersebut hanya mitos lho!

Menurut Dr. Sanjana Sainani, spesialis Kebidanan dan Ginekologi, konsumsi buah anggur dalam jumlah cukup bisa menjadi pilihan bagi ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan nutrisi. Bukan hanya untuk sang ibu, tapi juga bayi dalam kandungan.

Berbagai manfaat anggur untuk wanita hamil di antaranya:

  1. Bantu Turunkan Tekanan Darah

Ibu hamil memiliki risiko tinggi alami preeklamsia, naiknya tekanan darah saat masa kehamilan. Selain istirahat yang cukup, konsumsi buah anggur jadi satu cara dalam menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium dalam buah anggur bisa bantu menurunkan tekanan darah dan menyeimbangkan kadar elektrolit dalam tubuh.

  1. Tingkatkan Imunitas Tubuh

Anggur kaya akan Vitamin C yang menjadi senyawa aktif dalam melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus. Wanita yang sedang hamil biasanya alami penurunan imun, sehingga rentan terserang bakteri dan virus.

  1. Mengatasi Sembelit

Sama seperti kebanyakan buah lainnya, rutin konsumsi anggur bagi ibu hamil akan dapat menjadi cara mencegah ataupun mengatasi gangguan pencernaan berupa sembelit. Kandungan serat di bagian kulit anggur mampu melunakan feses, sehingga apakah ibu hamil boleh makan anggur merah jawabannya, tentu saja boleh.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat berikutnya adalah menjaga kesehatan tulang dan sendi karena tingginya kandungan vitamin K, kalsium, magnesium, serta fosfor dalam anggur. Ibu hamil rentan alami nyeri pada bagian tertentu, khususnya sendi-sendi.

  1. Mengurangi Kram pada Perut

Magnesium pada anggur juga berfungsi mengurangi kram perut yang juga sering dirasakan ibu hamil akibat gangguan pergerakan otot. Rutin senam hamil akan bantu menghindari terjadinya kram perut dan nyeri otot.

  1. Menghindari Gejala Anemia

Kandungan zat besi dalam buah anggur merah untuk ibu hamil memberi manfaat untuk menghindari gejala anemia. Gejala anemia pada ibu hamil di antaranya mudah merasa lelah, tidak teraturnya denyut jantung, sakit kepala. dan kulit yang memucat.

  1. Tingkatkan Kesehatan Bayi

Selain manfaat bagi ibu hamil, konsumsi buah atau sayur yang kaya nutrisi akan memberi manfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan bayi dalam kandungan. Mulai dari vitamin A pada anggur yang mengoptimalkan tumbuh kembang indera penglihatan, hingga vitamin B yang memaksimalkan metabolisme bayi.

Masih banyak manfaat lainnya dari mengonsumsi anggur dengan jumlah cukup. Buah-buahan yang bermanfaat baik bagi ibu hamil berupa pisang, jeruk, mangga, alpukat, dan apel. Kelompok berry juga bisa jadi variasi lain bila kamu suka dengan cita rasa buah asam.Tidak hanya anggur untuk ibu hamil dan rutin konsumsi asupan bernutrisi lainnya, disarankan juga minum air putih lebih banyak setiap harinya. Kamu bisa menyesuaikan pola makan dengan kebutuhan selama masa kehamilan dengan konsultasi bersama dokter kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.